Cara Praktis Membuat Website Online Shop Sendiri

Kepobingits.com Di era teknologi yang canggih ini, hampir semua orang selalu bergantung pada smartphonenya. Coba saja amati lingkungan sekitar Anda, pasti semua sedang memegang gadget. Sedikit demi sedikit namun pasti, semua orang mulai bergantung pada internet dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, tak terkecuali dalam hal belanja.

Maraknya toko online membuat proses belanja menjadi lebih mudah, tinggal buka smartphone, pilih yang disuka, lalu transfer uang pembayarannya, keesokan hari barang yang diinginkan sudah datang. Sangat praktis dan mudah.

Untuk Anda yang masih berjualan konvensional, butuh belajar bagaimana cara buat online shop. Karena jaman sekarang pembuatan website menjadi sangat mudah untuk dilakukan, rasanya rugi jika Anda tak belajar buat online shop mulai dari sekarang. Berikut ini akan dijelaskan cara praktis buat online shop sendiri.

1. Tentukan Tujuan Anda Dalam Membuat Website

Sebelum melangkah lebih jauh, cara buat online shop yang pertama adalah tentukan dulu tujuannya. Hal tersebut perlu dilakukan agar website yang Anda buat nantinya bisa tepat sasaran, karena bisa berhubungan dengan jenis layanan online dan barang-barang yang akan Anda jual, sehingga bisa menarik banyak pelanggan.

Biasanya ada beberapa jenis pembuat online shop, yakni online shop milik sendiri, milik sekelompok orang, atau milik perusahaan. Kemudian untuk barang yang dijual juga ada yang homogen (1 macam saja) ada juga yang heterogen (lebih dari 1 macam).

2. Pilih dan Tentukan Layanan Platform Online yang Cocok

Lalu cara buat online shop yang selanjutnya adalah pilihlah layanan platform online yang cocok dan bisa digunakan untuk membuat website Anda. sekarang sudah ada banyak layanan platform online gratis yang bisa Anda manfaatkan.

Contohnya jika Anda juga blogging, maka platform yang cocok adalah medium.com atau blogspot.com. Toko online akan cocok jika menggunakan SIRCLO.com atau wordpress.com. semua layanan yang telah disebutkan tersebut sangat mudah digunakan, atau Anda juga bisa mencari layanan lainnya di Google.

3. Pelajari Semua Fitur yang Tersedia

Jika Anda memilih buat online shop yang gratis alias tak berbayar, maka fiturnya pun juga tak lengkap. Hal yang gratis dan berbayar di sini adalah nama domain atau website nya. Contoh: jika berbayar, nama wesite Anda adalah tokomurah.com, namun jika gratis namanya menjadi tokomurah.blogspot.com atau tokomurah.wordpress.com tergantung dari layanan platform yang Anda pilih.

Jadi sekarang silakan tentukan nama untuk website Anda. Usahakan memilih nama yang sederhana dan mudah diingat oleh orang banyak. Lalu hindari juga menggunakan tanda hypen (-) jika nama website Anda lebih dari satu kata.

Persiapkan pula lebih dari satu nama, buatlah daftarnya di kertas dulu. Hal ini harus dilakukan sebagai antisipasi jika mungkin nama yang akan Anda buat, sudah diambil orang lain sebagai nama websitenya. Selain soal nama, pelajari yang lainnya juga, misalnya saja mengenai jumlah konten yang bisa dimasukkan dan lain sebagainya.

4. Mulailah Membuat Website

Cara membuat online shop yang nomor 4 ini adalah yang utama. Sekarang, silakan masuk ke platform yang telah Anda pilih, lalu daftarkanlah diri Anda. lalu pilihlah template website yang sesuai, template juga bisa diubah sewaktu-waktu. Kemudian, masukkan data-data yang diminta, seperti nama domain, username, password, alamat email, dan lain sebagainya.

5. Maintance Website

Saat ini Anda telah memiliki website buat online shop sendiri. Bagaikan sebuah rumah, apa yang bisa Anda lakukan agar banyak tamu yang datang dan menjadi betah? Saatnya memasukkan konten berupa tulisan dan gambar apapun yang akan Anda jual.

Jika tampilan website di rasa sudah bagus, silakan undang semua teman untuk berkunjung dan berbelanja serta lakukan promosi oline dan di media sosial anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *